Arif Monokrom

Kamis, 16 April 2020

Apa Yang Akan Terjadi Pada Bulan Ramadhan Tahun Ini?

Sobat tak terasa Bulan Ramadhan sudah segera tiba, bahkan tinggal 10 atau 9 hari lagi kita akan menyambut datangnya bulan penuh rahmat dan ampunan ini, pada masa kecil alias waktu kita masih menjadi bocah, tentunya kita menyambut Bulan Ramadhan dengan hati senang dan riang kan sobat? namun entah mengapa begitu dewasa seperti sekarang ini kita merasa saat menyambut bulan Ramadhan tidak begitu riang seperti saat kita menjadi seorang bocah kecil? 

Apa yang akan terjadi?


" Apa yang salah? Apa yang beda? "

Pertanyaan ini terus berkecamuk dalam kepala saya setiap bulan Ramadhan akan hadir setiap tahunnya dan tahun 2020 ini pertanyaan tersebut kembali muncul dan melanda saya, seharusnya dengan bertambahnya umur, bulan Ramadhan sudah selayaknya dan sepatutnya disambut dengan penuh kebahagiaan karena di bulan ini amal ibadah, serta pahala kita akan dilipatgandakan, betul tidak sob? ada yang merasakan hal yang sama seperti saya?


Sambil menerka-nerka jawaban atas pertanyaan saya di atas saya pun mencoba kembali flashback ke masa-masa saya saat masih menjadi seorang bocah, menyambut bulan Ramadhan menjadi hal yang paling saya nantikan karena bulan Ramadhan artinya bakalan banyak liburan sekolah, meskipun saat masih menjadi bocah berpuasa terasa berat namun godaan kue-kue pas berbuka puasa lebih menyenangkan serta menjadi motivasi tersendiri untuk berpuasa, kemudian banyak motivasi-motivasi lain yang membuat bulan Ramadhan menjadi menyenangkan seperti baju baru yang bisa dipakai di Hari Raya Idul Fitri namun sudah dibeli pada awal Bulan Ramadhan, kemudian dapat THR, dan banyak lagi motivasi-motivasi lain yang bisa membuat saya jadi bersemangat menjalankan puasa di Bulan Ramadhan.

Anak saya sudah memiliki target sendiri di Bulan Ramadhan kali ini

Mengingat kenangan di bulan Ramadhan saat masih menjadi bocah juga membangkitkan kenangan saya terhadap kedua orang tua saya yang sudah meninggal dunia (Alfatihah), berkumpul bersama mereka saat di Bulan Ramadhan menjadi hal yang menyenangkan dan mengasyikan karena bisa bercerita dan bercengkrama, hal yang akan selalu menjadi kenangan bagi saya.
Setelah mengingat flashback waktu masih bocah akhirnya saya menyadari bahwa sebenarnya bukan karena tidak begitu riang saat Bulan Ramadhan akan segera hadir namun lebih kepada beban yang tidak ada di masa bocah, beban ini yang membuat saya disaat dewasa sekarang inijadi kurang begitu riang saat akan menyambut bulan Ramadhan, karena kita sudah pasti memikirkan membeli baju baru, makanan, kue-kue, mengecat rumah, dan lain-lain, ahhhh.... akhirnya jadi melupakan esensi sebenarnya dari Bulan Ramadhan yaitu untuk beribadah dan beramal soleh.


Sama seperti tahun sebelumnya saya senang bulan Ramadhan kembali akan menjumpai kita, namun melihat keadaan sekarang ini yang mana dunia dan tanah air tengah dilanda pandemi virus Corona, keadaan ekonomi yang sedang lesu, PHK (pemutusan hubungan kerja), bencana alam, tidak dapat THR (tunjangan hari raya), dan larangan berkumpul alias physical distancing yang membuat kita tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan seru yang hanya ada di Bulan Ramadhan seperti sahur on the road, buka puasa bersama, solat tarawih, sobat harus melakukan itu semua #dirumahaja demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona sobat.

Ramadhan tahun ini akan terlihat sendu?

Hal ini membuat saya merasa Ramadhan tahun 2020 akan terlihat sendu, dan tak semeriah biasanya, namun tetap saja walau kita hanya bisa melakukan semua ibadah hanya di rumah tentunya ada sisi baik yang bisa kita dapatkan sobat, apa aja itu?
  1. Ibadah kita akan lebih khusyu dan tenang tanpa gangguan loh sobat, kita tidak perlu khawatir pas berpuasa akan tergoda sama nasi padang, ayam bakar, nila goreng, dan semua makanan yang ada diluaran sana sob, 
  2. Jadi lebih sering berkumpul bersama keluarga dan mengakrabkan diri satu sama lain hal ini tentunya kurang kita dapatkan di bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, benar?
  3. Terhindar dari virus Corona, ini sudah sangat jelaskan sobat? dengan #dirumahaja artinya kita akan terhindar dari paparan virus Corona yang sangat berbahaya,
  4. Bisa hemat uang, asik kan? uangnya bisa ditabung untuk hari raya Idul Fitri,
  5. Bisa dapat kejutan THR dari Shopee, iya kejutan THR dari Shopee sob serius saya, penasaran? kuy saya jelaskan di bawah ini.
Ibadah kita di Bulan Ramadhan jadi lebih khusyu


Hal lain yang akan membuat Bulan Ramadhan sedikit berwarna hadirnya promo terbaru dari Shopee, si e-commerce nomor 1 di Indonesia, promo yang dihadirkan Shopee menyambut bulan Ramadhan ini tentunya sangat menarik dan membuat Bulan Ramadhan menjadi lebih meriah meskipun kita tidak bisa kemana-mana sobat.

Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah

Promo ini diberi nama Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah, seperti apa promo-promo yang dihadirkan oleh Shopee kali ini? kuy cekidot.
melansir dari laman Big Ramadhan Sale Shopee menghadirkan promo-promo berupa :


Untuk detailnya baca penjelasan saya dibawah ini ya sobat

1. Tanam THR 10M

Seperti namanya tanam THR 10M merupakan promo dari Shopee untuk konsumen dan pengguna Shopee yang mana kita berkesempatan untuk mendapatkan THR total 10M loh sobat, promo serta informasi lebih lanjut mengenai Shopee tanam THR 10M ini belum saya dapatkan baik itu cara mendapatkan THR-nya atau pun syarat-syarat yang dibutuhkan kita tunggu aja sob.

2. Gratis Ongkir Xtra

Seperti yang kita tahu sobat, Shopee ini emang e-commerce yang paling sering memberikan promo gratis ongkir, nah di Bulan Ramadhan kali ini Shopee kembali memberikan gratis ongkir hingga 50 ribu rupiah, gratis ongkir ini bisa sobat dapatkan pada promor gratis ongkir xtra ya sob.

3. Pasti Diskon 50%

Pada Big Ramadhan Sale dari Shopee semua produk yang ada di Shopee semuanya akan didiskon mulai dari 50% sobat, hal ini tentunya sangat membantu kita di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, kita jadi bisa membelikan baju baru bagi anak serta membelikan kebutuhan lain untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

4. Shopee Poly

Game baru dari Shopee

Yang terakhir adalah hadirnya game Shopee Poly, gamenya sendiri saya belum tau akan seperti apa namun dilihat dari penampilan bannernya, game ini ada kaitannya dengan game monopoli, karena penggunaan nama Shopee Poly dan ada gambar 2 buah dadu, lebih lengkap sobat nantikan saja ya sobat.


Melihat tahun 2020 yang begitu banyak cobaan, serta kemungkinan bulan Ramadhan yang tak begitu meriah hal ini tentunya membawa kesedihan tersendiri bagi diri saya, namun dibalik itu semua ternyata terdapat sebuah arti serta kebahagiaan yang bisa didapatkan seperti ibadah kita di Bulan Ramadhan yang semakin khusyu, serta semakin membuat kita lebih dekat dan akrab dengan keluarga.

Selamat menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan ya sobat dari saya sekeluarga

Selain itu juga kita juga bisa mendapatkan kebahagiaan lain meskipun kita harus berdiam diri melalui shopee yang menghadirkan promo Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah yang tentunya memberikan banyak keuntungan serta manfaat bagi kita seperti berkesempatan membeli kebutuhan untuk selama Ramadhan dan hari raya dengan harga yang murah serta bebas dari ongkir, selain itu juga berkesempatan mendapatkan THR 10M (Alhamdulillah), yuk daftar dan gunakan aplikasi Shopee sekarang juga sob.

Referensi :  
- Pengalaman pribadi
- https://shopee.co.id/m/bigramadhansale
- Foto pribadi dan dari unsplash.com

Selasa, 31 Desember 2019

5 Pilar Kontribusi Freeport Indonesia Kepada Masyarakat Papua

Sobat dipenghujung tahun 2019 ini tentunya banyak sobat sekalian yang akan merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga teman dan sahabat saya juga demikian loh sobat gak mau kalah sayanya hehe, nah mumpung masih ada di hari terakhir tahun 2019 saya mau berbagi cerita kecil yang semoga memiliki manfaat besar bagi kalian semua ya sobat, cerita apa itu??? ada deh pokoknya kalian wajib baca terus tulisan saya kali ini.


" Papua Surganya Emas di Indonesia "


Sobat tentunya tau bukan dengan Papua? Provinsi paling Timur dari Indonesia ini merupakan pulau yang penuh dengan potensi serta sumber daya alam yang melimpah bayangkan saja sobat dengan luasnya yang hampir 808.105 km persegi ini, apa sih yang tidak bisa kita jumpai di Papua ini sob?.

Namun yang paling kita pahami mengenai Papua adalah melimpahnya kandungan emas yang ada di Papua bahkan sampai membuat Papua dijuluki (julukan ini saya buat sendiri sob hehe) Surganya Emas di Indonesia.




Namun Indonesia dalam menambang dan mengolah emas yang ada di Papua tidak melakukannya sendiri namun dilakukan oleh PT Freeport Indonesia yang dimulai sejak tahun 1967 hingga sekarang, dan bahkan Freeport Indonesia baru akan selesai melakukan penambangan emas dan tembaga di Papua pada tahun 2041 kelak.

Dengan jangka waktu sepanjang itu tentunya akan banyak muncul pertanyaan apa saja kontribusi yang telah diberikan oleh Freeport Indonesia kepada bangsa ini serta untuk masyarakat Papua? untuk menjawab pertanyaan ini saya akan coba uraikan satu persatu supaya sobat lebih paham dan jelas ya, yuk cekidot.






  Kontribusi serta sumbangsih bagi negeri  




Yang pertama akan saya jelaskan adalah kontribusi serta sumbangsih Freeport Indonesia terhadap Bangsa Indonesia yaitu Freeport Indonesia secara langsung menambah penerimaan negara berupa :

  • Pajak
  • Royalti, dan
  • Dividen

Ketiga poin penerimaan ini bahkan diklaim mencapai USD 15,8 Miliar dari tahun 1991 hingga 2014, dan di tahun 2014 sendiri nilainya sebesar USD 500 Juta, hmmm nilai yang cukup melimpah menurut saya (hal ini baru dalam bentuk uang saja), lalu bagaimana kontribusi Freeport Indonesia kepada masyarakat Papua?

  Kontribusi Freeport untuk masyarakat Papua  


Untuk kontribusinya kepada masyarakat Papua sendiri Freeport Indonesia mendukung 5 pilar pembangunan Papua, yang artinya Freeport Indonesia memperhatikan 5 aspek dalam masyarakat yang menjadi fokus utama dari Freeport Indonesia dalam memberikan kontribusinya secara langsung.


5 pilar kontribusi Freeport Indonesia kepada masyarakat Papua meliputi 5 aspek yaitu :

1. Aspek Ekonomi

Yang pertama dari kontribusi Freeport Indonesia terhadap masyarakat Papua adalah pada aspek ekonomi, aspek ekonomi disini adalah dengan menggunakan masyarakat Papua sebagai tenaga kerja yang sedikit banyak mampu mendongkrak perekonomian daerah dan amsyarakat.


Freeport Indonesia pernah menunjukkan data yang menyebutkan bahwa hampir 27% tenaga kerja yang bekerja di Freeport Indonesia adalah warga asli Papua hal ini tentunya menjadi kabar yang mengembirakan bahwa Freeport Indonesia tidak melupakan masyarakat Papua.
Selain tenaga kerja Freeport Indonesia juga memperhatikan sistem ekonomi dan program ekonomi alternatif di masyarakat Papua dengan melakukan pembinaan Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM).



2. Aspek Pendidikan


Pada aspek pendidikan hal yang paling kentara dilakukan oleh Freeport Indonesia adalah banyak membangun sekolah dan asrama pendidikan bagi anak-anak masyarakat Papua, selain itu juga freeport memberikan banyak beasiswa mulai dari sekolah dasar hingga mahasiswa universitas, dan yang terbaru Freeport Indonesia mendistribusikan sebanyak 1700 buku dari Jakarta untuk masyarakat Papua yang diharapkan makin mencerdaskan anak-anak Papua.



3. Aspek Infrastruktur


Berbicara mengenai infrastruktur Freeport Indonesia berani mengklaim sudah banyak fasilitas yang mereka bangun di Papua, bagaimana tidak Papua yang dahulunya merupakan hutan belantara kini sudah berkembang dengan berbagai macam infrastruktur yang ada seperti akses-akses jalan, perumahan, fasilitas umum, lapangan terbang perintis, dan yang terbaru adalah dibangunnya stadion olahraga megah oleh Freeport Indonesia yang diberi nama Mimika Sport Complex yang diperuntukkan untuk Pekan Olahraga Nasional 2020.

4. Aspek Kebudayaan dan Adat Istiadat


Aspek kebudayaan juga tidak dilupakan oleh Freeport Indonesia, karena mereka jelas paham dan mengerti bahwa masyarakat Papua penuh dengan kebudayaan dan adat istiadat yang sudah turun termurun mereka lakukan dari zaman dahulu.


Untuk itulah Freeport Indonesia juga berkontribusi memperkenalkan serta mempromosikan kebudayaan dan adat istiadat dari masyarakat Papua baik itu skala Nasional bahkan hingga ke Mancanegara.

5. Aspek Kesehatan


Banyak hal yang dilakukan oleh Freeport Indonesia pada aspek kesehatan bagi masyarakat Papua, sebut saja pembangunan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) dan Rumah Sakit Waa Banti (RSWB), tidak hanya itu kontribusi Freeport Indonesia pada aspek kesehatan juga meliputi program-program kesehatan yang terdiri dari penjagaan kebersihan lingkungan, sanitasi, pengendalian infeksi dan penyakit menular seperti TB, HIV, dan AIDS, program kesehatan ibu dan anak, fogging untuk membasmi nyamuk malaria, serta akses air bersih yang lebih mudah bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada di Papua.

  Akhir Kata  


Dengan mengetahui 5 pilar kontribusi Freeport Indonesia kepada masyarakat Papua tentunya kita menyadari sob, bahwa Freeport Indonesia itu tidak hanya sekedar datang ke Papua dan membuka tambang emas dan tambang tembaga disana, namun lebih dari itu sobat Freeport Indonesia menjadikan “Mining for Life” yang artinya dengan tambang emas dan tembaga yang dikelola oleh mereka, Freeport Indonesia berharap mampu memberikan arti dalam hidup masyarakat Papua sobat.
Baiklah sobat sekian narasi dari Papua ini saya hadirkan untuk sobat sekalian semoga bermanfaat dan tentunya akan memberikan informasi yang lebih jelas bahwa Freeport Indonesia juga memberikan banyak manfaat dan kebahagiaan bagi masyarakat Papua.

  Referensi :  
- Akun Instagram Freeport Indonesia
- Akun Twitter Freeport Indonesia
- Fanspage Facebook Freeport Indonesia
- ptfi.co.id
- Wikipedia.co.id

Selasa, 10 Desember 2019

ASUS Kolaborasi dengan Adidas? Dengan Saya Kapan?

Desember sudah hadir 10 hari ternyata ya sob, gak terasa, nah dipenghujung tahun kayak gini biasanya ada banyak promo-promo menarik dari semua brand, baik itu brand teknologi bahkan brand mi instan juga memberikan promo yang terkadang sulit untuk kita tolak ya kan sob hehe.

Nah tulisan saya kali ini tentunya ada kaitannya dengan postingan saya sebelumnya meskipun kaitannya terjadi secara tidak sengaja sob, apakah itu?? (segera buka link ini untuk tahu maksud saya : Sepatu )


ASUS dan Adidas kolab


Yak ini tentunya ada kaitannya dengan sepatu Adidas sobat, eits bukan sob, saya tidak membeli sepatu Adidas kedua sobat, tapi lebih kepada promo yang dihadirkan oleh ASUS sob, iya ASUS brand nomor 1 laptop di Indonesia yang diakhir tahun 2019 ini aktif bener dah dalam menghadirkan promo, serta produk terbaru yang keren punya?

  ASUS dan Adidas kolab dalam proyek keren  


Jadi ASUS dan Adidas akhirnya resmi mengumumkan proyek terbaru yang bisa dibilang sangat revolusioner dan inovatif dengan menggandeng Nevertoolavish dan hasil karyanya akan dipajang pada saat grand launching ASUS ZenBook Pro Duo.
Nah tau gak kalian sobat si Nevertoolavish ini merupakan brand dari para seniman desain grafis anak bangsa yang mampu menghasilkan karya-karya custom diberbagai macam produk seperti sepatu, jaket, tas dan lain-lain.


Salah satu karya keren dari Nevertoolavish

Kembali lagi ke ASUS dan Adidas ini jadi Nevertoolavish ini diberikan kesempatan untuk menghadirkan kreatifitasnya di dalam sepatu-sepatu Adidas yang mana dalam menghasilkan rancangannya Nevertolavish menggunakan ZenBook Pro Duo sob.

  ZenBook Pro Duo laptop keren terbaru dari ASUS  


ASUS ZenBook Pro Duo merupakan laptop yang dirancang khusus untuk para insan kreatif. Hadir dengan ScreenPad Plus yang inovatif, layar kelas profesional industri kreatif, serta sepsifikasi premium, ZenBook Pro Duo dapat memudahkan para kreator untuk untuk menciptakan karya-karya kreatif.


ZenBook Pro Duo keren banget yak

Oh ya sobat ZenBook Pro Duo hadir dengan tagline “Create the Uncreate” sejalur dengan Adidas yang memiliki tagline “Here to Create”. Berangkat dari hal tersebut, ASUS dan adidas menghadirkan proyek kreatif yaitu membuat sepatu dengan desain eksklusif bertemakan teknologi.
Saya sendiri sangat tertarik dengan ASUS Zenbook Pro Duo ini ehmm nanti saya akan ulas deh diblog saya yang satunya sob reviewapaaja semoga ada waktu dan kesempatan ya sob hehe.

  Akhir Kata  


Ya kolaborasi dua raksasa dibidang teknologi dan sepatu ini tentunya akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa keren, semoga keduanya makin sukses dan berkembang ke arah yang lebih baik kedepannya, dan jangan lupa kapan-kapan ajakin saya kolaborasi dunk, wkwkwkw.
Baik sobat sekian tulisan singkat saya kali ini semoga bermanfaat ya sobat eh ya cuma mau bilang jika kalian punya uang banyak jangan lupa untuk beli laptop ASUS terbaru ini ya sobat selain akan memudahkan pekerjaan kalian sebagai konten kreatif juga sobat jadi keliatan makin keren, dan sepatunya juga beli ya hehe, kalau mau belikan saya juga boleh kok sob, saya akan menerimanya dengan senang hati.
Kalau ada sumur di ladang (cakep)
Boleh kita menumpang mandi (cakep)
Kalau ada umur yang panjang (cakep)
Tunggu tulisan baru saya diblog ini, (hehehe maksa banget ya sobat)
Baiklah sob sampai jumpa lagi bubbbyyeeee.

Referensi :
- Rilis dari ASUS Indonesia
- Akun Instagram Nevertoolavish
- Akun Instagram ASUSid

Sabtu, 16 November 2019

Sepatu Adidas Pertama Arif Monokrom

Happy November sobat, di Kota Pontianak biasanya kalau bulan-bulan yang ada “ber-bernya” hampir setiap hari akan selalu terjadi hujan yang tentunya bisa membuat galau bagi yang jomblo, dan membuat sedih bagi yang LDR-an (pukpuk), hmmm kali ini saya akan berbagi cerita apa ya sob? aha bagaimana kalau saya membahas mengenai “Sepatu Adidas Pertama” saya sob? Ya cerita kali ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan bagi saya sih, semoga bisa ada manfaatnya bagi kalian ya sob.

Sepatu Adidas pertama saya


Jadi ceritanya saya mendapatkan sepatu Adidas pertama saya pada hari berkurangnya umur saya bulan Oktober yang lalu, pasti banyak dari kalian yang tidak percaya bahwa ini merupakan sepatu Adidas pertama yang saya miliki pasalnya saya tidak terlalu menyukai sepatu bertipe olahraga, selama ini saya selalu memilih sepatu kulit atau sepatu kets dan terakhir kali saya memiliki sepatu olahraga yang merknya bukan Adidas pada tahun 2014 yang lalu, dan sepatunya ntah sudah menjadi seperti apa.

  Sepatu Adidas keren juga  


Mendapatkan sepatu Adidas pertama menjadi hal yang cukup menyenangkan bagi saya sobat selain jarang-jarang saya dapat hadiah dengan harga yang lumayan, sepatu adidas yang saya dapatkan ini juga lumayan keren dan nyaman untuk dikenakan, oh ya sepatu Adidas ini merupakan sepatu yang saya pilih sob, jadi sepatunya benar-benar sesuai dengan selera saya loh hehe.

Terlihat keren dikaki kanan

Namun dibalik kebahagiaan saya ada kesedihan yang mendalam dalam diri saya yaitu umur saya yang semakin menua, dan bertambahnya uban dirambut saya, hiks ini beneran sobat rambut saya yang sekarang sudah makin banyak ubannya loh huaaa pengen kembali ke umur 20-an deh rasanya haha.
Kembali ke LAPTOP…….(sorry om Tukul saya pinjam jargonnya)

Dikaki kiri juga terlihat keren
Jadi sepatu Adidas yang saya pilih ini berwarna abu-abu dengan sol berwarna putih serta ada list biriunya, untuk tali sepatunya juga berwarna abu-abu, dan logo Adidas yang terpampang pada sepatu ini berwarna abu-abu yang sedikit lebih gelap, sepatu yang saya pilih ini berukuran 43 atau 42,5 sobat (iya kaki saya jumbo sob) yang sangat pas dikaki serta enak sekali digunakan.
Kaki saya yang pernah mengalami tabrakan biasanya saat menggunakan sepatu kulit yang saya miliki selalu terasa sakit saat berjalan dengan jarak yang cukup jauh, namun saat menggunakan sepatu ini saya tidak merasakan sakit sama sekali saat saya sedang duduk-duduk santai bersama keluarga dibangku taman.

  Harga yang lumayan  


Oh ya meskipun hadiah saya tetap mengetahui harga dari sepatu ini loh sobat, karena seperti yang sudah saya ceritakan di atas saya juga turut serta untuk membeli sepatu ini, dan tahu kah sobat sepatu ini ternyata harganya lumayan loh sekitar 700 ribuan, namun berkat profesi menjadi seorang blogger yang sehari-hari sering mendapatkan goodie bag dan vocer, saya pun masih memiliki stock vocer MAP senilai 200 ribu yang ternyata bisa digunakan untuk membeli sepatu Adidas ini loh sobat.

Jatuh hati dengan sepatu ini

Jadi harga yang saya bayarkan hanya sekitar 500 ribu saja, lumayanlah meskipun harganya masih sedikit mahal (hiks maklum sobat miskin), fyi (for your info) saya membeli sepatu ini di Sport Station Ayani Megamall Pontianak sob yang merupakan toko yang memang menyediakan sepatu-sepatu serta perlengkapan olahraga yang terbilang cukup lengkap dan enaknya lagi disini menerima semua tipe vocer MAP loh sobat.

  Akhir kata  


Mendapatkan barang pertama yang dari dahulu belum pernah dimiliki memang sangat menyenangkan apalagi merupakan hadiah pemberian dari orang yang kita cintai, begitupula saat saya mendapatkan sepatu Adidas pertama saya, rassanya bahagia banget dan bahkan sampai ingin membawa sepatu Adidas tersebut kemana saja saya melangkah, selain itu berhubung ini merupakan sepatu Adidas pertama saya maka saya sangat merawatnya dengan sepenuh hati dan hanya mengenakan sepatu ini pada momen-momen tertentu saja supaya sepatu ini lebih awet dan tahan lama.
Kalian juga memiliki pengalaman yang sama seperti saya sob? Atau kalian juga pernah merasakan hal yang sama saat memiliki sepatu Adidas pertama? Kuy ceritakan pengalaman kalian pada kolom komentar yang sudah tersedia di bawah ini ya sobat, maafkan tulisan saya yang sedikit berantakan semoga kalian tetap memahami makna dari tulisan saya di atas ya sobat seeyubyebye.

Referensi :
- Pengalaman dan foto pribadi

Jumat, 08 November 2019

Menulis Blog Secara Cepat Menggunakan Aplikasi Blogger Mobile

Selamat hari Jum'at sobat sekalian, gimana kabarnya hari ini? Semoga tetap bersemangat dan berbahagia selalu ya sobat, nah kali ini saya akan coba berbagi cerita simple lagi dengan kalian sob, kali ini cerita saya ada kaitannya dengan "Cara Menulis Blog dengan cepat".
Sobat sekalian kalau kalian menulis blog akan menggunakan apa sobat? laptop? PC? Atau melalui smartphone? Jika kalian menulis melalui smartphone maka tulisan saya kali ini akan sangat cocok bagi kalian sob.

Menulis blog dengan cepat menggunakan aplikasi blogger mobile

Karena saya akan berbagi cerita cara menulis blog melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Blogger besutan Google, ya saat menuliskan artikel ini saja saya sepenuhnya menggunakan aplikasi Blogger dong sobat untuk memperlihatkan serta mencoba fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.

Tampilan halaman muka aplikasi blogger

Beberapa fitur yang dihadirkan aplikasi ini sangat membantu para blogger untuk menuliskan serta mengupdate tulisannya secara cepat, terlebih lagi jika kita tidak bisa mengakses langsung laptop atau pc yang kita miliki dan hanya bisa menggunakan smartphone kita namun ide untuk menulis sangat berlimpah.

  Tampilan yang simple  


Jika melihat dari tampilannya aplikasi Blogger ini sangat simple, tidak banyak tombol di dalamnya, orang awam sekalipun akan langsung bisa dengan mudah untuk menggunakannya tanpa perlu belajar sama sekali, nah bagi kalian blogger aktif menggunakan aplikasi ini tentunya akan sangat mudah sekali sobat.


Saya saat menulis untuk blog ini menggunakan aplikasi blogger

Dengan berlatar dan dinominasi warna putih, menulis menggunakan aplikasi ini cukup nyaman dilihat serta tidak membuat mata lelah loh sobat, bagi saya sendiri tampilan yang minimalis ini sangat saya sukai sobat.


Mudah digunakan


  Fitur minimalis  

Jika membahas mengenai fiturnya, aplikasi Blogger pada smartphone ini sangat minimalis dan sangat jauh dari kata lengkap dibandingkan dengan fitur dashboard Blogger yang biasa kalian gunakan dilaptop dan PC.


Tampilan yang simple banget

Lupakan fitur untuk melihat statistik, pengaturan halaman, pengaturan tema dan html serta pengaturan-pengaturan ribet lainnya yang biasa kalian gunakan karena tidak akan bisa kalian jumpai diaplikasi ini sobat, mungkin Google memang menghadirkan aplikasi ini untuk memfokuskan kita untuk menulis dan menerbitkan tulisan kita saja terlebih dahulu.


Fitur editing juga simple

Nah dari sisi fitur pengeditan tulisan juga terlihat minimalis karena hanya ada fitur memasukan video dan gambar, kemudian fitur bold, italic, dan underline saja, tidak ada fitur justify paragraf, pewarnaan huruf, memasukan link, format text, page break, dan fitur quote, jadi kalian benar-benar hanya menulis saja dan melakukan edit tulisan secara lebih detail jika kalian sudah bisa mengakses ke laptop kalian.

  Akhir kata  


Eh sudah masuk akhir kata aja ni sob, jadi tulisan saya kali ini merupakan tulisan bagi kalian para blogger yang masih setia menggunakan blogspot baik itu yang custom domain maupun tidak dan menginginkan solusi menulis secara cepat walaupun sedang tidak bersama laptop tercinta, nah aplikasi Blogger mobile ini cocok untuk kalian gunakan sobat.
Ngeblog tetap bisa dimanapun dan kapanpun, tetap produktif dan terus bagikan ide-ide keren kalian melalu tulisan pada blog yang kalian kelola sobat salam ngeblog.

  Referensi :  
- pengalaman pribadi menggunakan aplikasi Blogger mobile

Rabu, 06 November 2019

Kalah Lomba Blog Jangan Marah

Menang lomba blog menjadi suatu hal yang teramat sangat menyenangkan selain kita sudah pasti mendapatkan hadiah yang bermacam-macam mulai dari uang tunai, barang-barang keren, bahkan gadget terbaru, mendapatkan backlink namun tak hanya itu menjadi juara lomba blog sedikit banyak kita sudah menunjukkan eksistensi kita sebagai blogger yang memiliki tulisan yang menarik.

Kalah lomba blog bikin kesal

Namun bagaimana jika kita kalah dalam lomba blog? kesal? pusing? sakit perut? menuduh panitia macam-macam, bahkan berpikiran untuk berhenti menulis diblog lagi, hey sob kalian kok berpikiran pendek sih hanya karena kalah dalam lomba blog? coba sini merapat saya kasi pencerahan sedikit saat kita kalah dalam lomba blog kita harus bagaimana? dan harus berbuat apa? 

  1. Jangan marah  


Kalau kalian kalah lomba blog satu yang saya tekankan sob yaitu kalian jangan pernah marah, ingat ketika kalian kalah dan kalian marah disaat itulah kalian akan terpuruk loh, dan yakinlah kalian pasti akan mengalami void alias kekosongan pikiran yang tentunya akan menghambat kreatifitas kalian untuk menghasilkan tulisan baru loh.

Stop jangan marah

Coba terapkan tips dari saya sobat, ketika kalian kalah dalam lomba blog, kalian manjakan diri kalian terlebih dahulu dengan menonton bioskop atau jalan-jalan bersama teman,pacar atau keluarga, dan lupakan mengenai lomba blog yang kalian kalah di dalamnya, setelah pikiran kalian lebih fresh coba ikuti lomba blog berikutnya untuk berusaha meraih kemenangan sobat.
Saya sendiri sangat sering kalah dalam lomba blog loh sobat, meskipun begitu saya akan berusaha menerima setiap hasil yang ada, kecuali ada yang mulai sambat soal lomba blog maka saya akan ikutan sob haha (bercanda), jadi saya akan memanjakan diri dan melupakan kekalahan untuk menatap ke masa depan yang mana saya akan berhasil menjadi juaranya, yakin aja, karena yakin itu adalah koentjinya.

  2. Belum rejeki so terus berusaha  


Kalian kalah dari lomba blog padahal sudah berusaha dengan keras? tulisan murni dari ide yang ada dalam pikiran terdalam dan memiliki kualitas yang baik tanpa ada typo dan hal lainnya, infografis kualitas desainer handal, sampai bela-belain turun ke lapangan untuk melakukan wawancara demi mendapatkan data yang valid, hmmmmmmm tentunya kesel banget kan sob tapi kalian mesti ingat dengan kata-kata berikut ini.

Kita hanya bisa melihat tanpa bisa menyentuhnya alias belum rejeki

" Kalau Belum Rejeki Kita Bisa Apa? "

Yak kadang yang menang lomba blog memang sudah jalannya, sudah takdirnya, dan memang rejekinya untuk menang lomba blog, dan artinya belum rejeki kita untuk menang lomba blog maka tidak ada yang bisa kita lakukan selain untuk terus berusaha mengikuti lomba blog yang lainnya dan sambil terus berharap pada lomba berikutnya merupakan rejeki kita untuk memenangkan lomba blog sob, jangan patah arang ya serta jangan lupa untuk terus berdoa ya sob.

  3. Evaluasi  


Kata banyak blogger-blogger profesional diluaran sana jika kalian kalah lomba blog maka hal yang perlu kalian lakukan adalah evaluasi, dan saya juga setuju mengenai ini, daripada kalian ngomel-ngomel gak jelas karena kalah, lebih baik kalian evaluasi apa yang salah dari tulisan kalian yang kalah dalam lomba blog? atau apakah infografis yang kita masukkan dalam tulisan kurang menarik, atau bahkan blog kita yang tampilannya tidak memukau, atau kebanyakan iklan adsense yang memenuhi seluruh penjuru blog kita sehingga membuat juri tidak nyaman membaca tulisan kita dan akhirnya membuat kita kalah.

Evaluasi tulisan dan blog kita untuk hasil yang lebih baik kedepannya

Jadi pada dasarnya lomba blog itu tidak hanya mengenai kualitas tulisan namun lebih luas lagi bahkan sampai kualitas blog juga menjadi perhatian, jadi sebelum mengikuti lomba blog ada baiknya kalian merapikan blog kalian dulu sobat supaya saat mengikuti lomba blog tulisan kalian mendapatkan nilai tambah dan setidaknya meningkatkan kesempatan kalian untuk menang pada lomba berikutnya.

  4. Cari tips menang lomba blog  


Nah terakhir namun yang paling penting adalah coba kalian cari melalui mbah google "tips untuk menang lomba blog" nah disana kalian akan mendapatkan banyak sekali tips cara menang lomba blog dari para blogger senior yang sering menjuarai lomba blog.

Carilah tips untuk menang lomba blog

Carilah tips yang paling cocok dengan kalian sobat, karena sehebat apapun tips yang diungkapkan namun jika kalian merasa tidak bisa menerapkannya jatuhnya jadi percuma kan sobat?

  5. Akhir kata  


Akhirnya saya hanya bisa berujar bahwa menang lomba blog memang menyenangkan, namun mendapatkan rejeki melalui blog tidak hanya dari memenangkan lomba blog, masih banyak cara lain yang bisa sobat lakukan (cara lainnya akan saya jelaskan diartikel saya berikutnya ya sob), dan ingat pesan saya jika kalian kalah dalam lomba blog jangan pernah sekalipun marah demi kelangsungan dan kebaikan dari blog kita sendiri loh sob, dan tetaplah menulis karena dunia tidak berakhir saat kita kalah lomba blog sobat, see you soon pada tulisan berikutnya.

Referensi : 
- pengalaman pribadi
- foto saya ambil dari situs unsplash.com makasih ya foto-foto kerennya

Kamis, 31 Oktober 2019

Menjadi Seorang Blogger itu Enak Loh

Suatu ketika saya pernah mendapatkan pertanyaan yang cukup unik dari teman saya sobat yang bertanya " Bro apa enaknya sih jadi blogger? " ya pertanyaan ini juga sering ditanyakan oleh orang lain kepada saya sob, apa enaknya sih jadi blogger?.

Apa enaknya jadi blogger?

Hmmm berbicara mengenai enaknya menjadi seorang blogger tentunya kita akan membahas benefit apa yang akan kita dapatkan dengan menjadi seorang blogger, untuk lebih lengkapnya akan saya jelaskan secara perlahan ya sobat dan ingat penjelasan saya ini berdasarkan dari pengalaman saya selama ini jadi bisa saja akan sangat berbeda dengan apa yang dialami oleh orang atau blogger lain sob.

  Blogger itu terkenal  


Ya sobat tidak salah liat sob, T E R K E N A L hihi, menjadi seorang blogger itu biasanya kita akan menjadi terkenal, baik itu dimata brand, pembaca, hingga masyarakat loh, dan tak jarang kita sendiri akan terheran-heran karena tiba-tiba akan banyak orang yang menegur dan menyapa kita loh sob, padahal kita sendiri tidak mengenal orang tersebut.

Menjadi terkenal itu udah takdir dari seorang blogger

Hal ini sudah pernah saya rasakan sob hehe, ya untuk menjadi terkenal juga mesti ada syaratnya sih tidak hanya menulis diblog dan kita otomatis terkenal, tidak seperti itu tapi ada langkah-langkah yang mesti kita lakukan mulai dari meningkatkan follower medsos (media sosial) yang kita miliki seperti instagram, twitter, menghasilkan tulisan yang menarik serta bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu konsisten karena kunci dari menjadi blogger adalah konsisten INGAT!.

" Ingat Roma tidak dibangun dalam semalam loh sob. "

  Mendapatkan penghasilan  


Hal kedua yang tentunya membakar semangat menjadi seorang blogger yaitu mendapatkan penghasilan, iya benar sobat menjadi seorang blogger itu artinya sobat akan bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan tergantung dari kualitas blog, kualitas tulisan, dan seberapa banyak follower mediasosial sobat sekalian.

Bisa dapat banyak penghasilan

Pada beberapa kasus, khususnya seorang blogger yang cukup terkenal mampu menghasilkan uang hingga puluhan juta loh sob (berdasarkan cerita teman blogger terkenal yang saya tahu), kalau untuk saya sendiri saya masih dikisaran ratusan ribu saja sobat hiks, ya mungkin karena saya masih berada di Kota Pontianak yang minim acara terkait dengan blogger dan blogger disini juga belum mendapatkan perhatian dari para brand lokal serta Pemerintahan yang masih menomorsatukan media besar sehingga para blogger disini masih dalam bayang-bayang antara ada dan tiada, padahal dalam hal publikasi para blogger seperti kami ini sudah mampu memberikan impact yang cukup besar kepada audience dan kualitas kami dalam menulis juga tidak kalah loh hehe (maaf jadi curcol).
Kembali lagi sobat untuk mendapatkan penghasilan dari menulis diblog ada banyak caranya loh, sobat bisa mencoba menghubungi brand atau agency untuk mendapatkan content placement (tulisan berbayar), cara yang kedua yaitu sobat bisa mengikuti lomba blog dengan hadiah yang fantastis setiap bulannya ada banyak lomba blog yang bisa sobat ikuti loh namun patut diingat terkadang kita tidak selalu menang loh sob namun kesempatan untuk menang selalu ada loh, buktinya saya beberapa kali berhasil mendapatkan juara, meskipun belum pernah juara satu namun pernahlah merasakan juara favorit lomba blog secara nasional sob, dan yang terakhir adalah dengan mengikuti kontrak kerjasama yang meliputi tulisan blog, dan posting dimedsos, biasanya kontrak kerjasama ini memiliki nilai yang cukup lumayan.

  Berkesempatan ikut event seru  


Menjadi seorang blogger jika kamu sedang beruntung maka kalian bisa berkesempatan untuk mengikuti event-event seru, seperti blogger gathering dan lain-lain sebagainya, nah jika ngomongin event tentunya kalian harus tahu sob, para blogger paling seneng ikutan event karena ada GOODIE BAG, haha kalau dapat goodie bag itu rasanya asik banget loh, isinya juga macam-macam (maafkan kalau saya keliatan murahan, tapi saya emang suka kalau dikasi goodie bag sob), bahkan saking senengnya dapat goodie bag, ada yang menyebut blogger yang senang menerima goodie bag sebagai blogger goodie bag.

Bisa ikut event seru dan dapat goodie bag

Ya kembali lagi sobat berhubung saya tinggal di Kota Pontianak dengan event yang bisa dihitung jari makanya begitu berkesempatan untuk mengikuti event senengnya bukan kepalang, berbeda dengan blogger-blogger yang ada di Jakarta mungkin sudah pada bosan atau biasa aja kali ya saat mengikuti event-event seru, jadi iri hiks.

  Memiliki lingkaran pertemanan yang baru  


Menjadi seorang blogger tak lengkap rasanya kalau tidak ikut dalam komunitas, di Pontianak sendiri baru satu komunitas blog yang terlihat serta memiliki member yang cukup banyak yaitu komunitas blogger Pontianak, padahal banyak blogger-blogger berkualitas yang belum tergabung dalam komunitas dan senang bekerja sendiri (lone wolf), pada mau ikutan komunitas gak sob? (tunjuk blogger-blogger penyendiri di Pontianak) atau jangan-jangan ada komunitas lain yang saya belum tahu namun memiliki member yang juga banyak.

Bisa dapat banyak teman

Dengan bergabung ke dalam komunitas tentunya kita berkesempatan untuk mendapatkan lingkaran pertemanan yang baru, selain mendapatkan teman baru, kita juga bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang cukup bisa digunakan untuk kita menuangkan ide saat menulis diblog, dengan banyak teman tentunya akan membuka jalan rejeki kita menjadi lebih baik lagi kan sob?.

Akhir kata


Nah akhir kata menjadi seorang blogger itu tidak melulu hanya sekedar menulis menuangkan ide serta gagasan dan opini, namun juga memahami bahwa menjadi seorang blogger itu ada enaknya juga, meskipun untuk sampai pada titik ENAKNYA MENJADI SEORANG BLOGGER kalian harus bekerja keras dan jangan khawatir mengenai rejeki, karena menjadi seorang blogger kita juga bisa mendapatkan rejeki yang cukup lumayan dan jangan lupa untuk MENABUNG ya sobat, percuma penghasilan besar jika ujung-ujungnya habis tanpa ada tabungan.
Sekali lagi pesan saya sobat KONSISTEN, KERJA KERAS, dan JANGAN PEDULIKAN OMONGAN ORANG, TETAP FOKUS maka kalian akan menikmati hasilnya kelak, teruslah menulis dan berikan opini kalian di tengah hiruk pikuknya dunia digital saat ini sobat jadilah blogger dengan ide-ide yang luar biasa, saya yakin kalian bisa menjadi blogger terkenal seperti raditya dika, saling support sob dan feel free ajukan pertanyaan tentang dunia perbloggeran kepada saya, saya usahakan untuk menjawabnya sobat.

Referensi :
- pengalaman dan cerita pribadi selama menjadi blogger beberapa tahun belakangan
- foto-foto keren dari unsplash.com terima kasih ya hehe